13 Tempat Wisata Banjarmasin Terbaik yang Wajib Dikunjungi

13 Tempat Wisata Banjarmasin Terbaik yang Wajib Dikunjungi 1

ALDI RENTAL – Banjarmasin memiliki julukan Kota Seribu Sungai. Itu dikarenakan kota ini dibelah oleh banyak sekali sungai seperti Sungai Barito, Sungai Martapura, Sungai Sipandai, Sungai Sigaling, Sungai Keramat dan masih banyak yang lainnya. Meski begitu, ada banyak tempat wisata Banjarmasin keren yang bisa kamu jumpai di sini. Apa saja?

Tempat Wisata Air di Banjarmasin

1. Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin

Tempat Wisata Banjarmasin
twisata.com

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Banjarmasin dikelilingi oleh sungai. Oleh sebab itulah, salah satu wisata yang paling oke di sini adalah wisata airnya. Sejak dulu, masyarakat Banjar sudah saling terhubung melalui sungai dan bahkan mereka berdagang juga melewati sungai. Sampai sekarang, budaya itu masih berlangsung.

Kamu bisa melihat aktivitas warga Banjarmasin di tempat wisata Pasar Terapung Muara Kuin. Selain itu, kamu juga bisa ikut berbelanja berbagai kebutuhan di sana. Untuk sampai ke tempat wisata ini, kamu bisa ke Jl. Kuin Utara, Kel. Kuin Selatan, Banjarmasin Barat. Pasar tradisional ini adalah salah satu ciri khas Banjarmasin dan jadi landmark kota ini.

Proses jual beli terjadi di atas perahu dan ini sudah berlangsung lebih dari 400 tahun lalu. Untuk bisa menyaksikannya, kamu harus bangun pagi. Sebab, pasar terapung ini hanya berlangsung antara jam 05.00 hingga 07.00 WITA saja.

2. Rafting Bambu di Sungai Amandit

Tempat Wisata Banjarmasin
indonesiakaya.com

Wisata air di Banjarmasin lain yang bisa kamu coba adalah rafting bambu di Sungai Amandit. Kamu bisa coba memacu adrenalin dengan mencoba rafting di ini.

Hal yang unik dari rafting di sini adalah kamu akan menggunakan bambu, bukan ban karet atau perahu karet seperti rafting pada umumnya.

Perjalanan rafting di Sungai Amandit ini tentu sangat menyenangkan karena arus sungai yang deras. Namun, kamu harus hati-hati karena di di sekitaran sungai juga terdapat batu yang lumayan besar.

Kamu harus pintar membawa arah rakit bambu agar tak celaka. Tenang saja, kamu akan ditemani guide, kok!

Jadi, bisa dibilang meski wisata yang satu ini menantang tapi cukup aman. Kalau kamu mau mencobanya, kamu harus mengeluarkan dana yang lumayan untuk sekali jalan. Wisatawan wajib membayar Rp250.000,- untuk bisa rafting bambu ini.

3. Air Terjun Bajuin

Tempat Wisata Banjarmasin
ksmtour.com

Di Banjarmasin, kamu juga bisa menemukan objek wisata berupa air terjun yang tak kalah indah dari banyak air terjun yang ada di Indonesia. Namanya adalah Air Terjun Bajuin.

Lokasi air terjun ini ada di Desa Sungai Bakar, Kecamatan pelaihari, Banjarmasin. Kamu bisa menempuh jarak dari Tanah Laut dengan menempuh jarak sekitar 10 km saja.

Air terjun ini memiliki panorama berupa pegunungan yang indah, eksotik dan udara di sekitar pun sangat bersih karena banyak pepohonan di sekitarnya. Alam di sekitar air terjun ini juga sangat asri.

Oleh sebab itu, kamu akan sangat mudah menemukan berbagai jenis burung dan tanaman anggrek di sekitar air terjun ini.

Sebenarnya, kawasan air terjun Bajuin ini juga dikembangkan sebagai ekowisata alam seperti tracking, climbing, hiking dan lainnya.

Kekurangan dari tempat ini adalah fasilitas yang belum memadai dan jalannya juga masih rusak. Oleh sebab itu, tempat wisata yang satu ini masih jarang dikunjungi.

4. Wisata Susur Sungai Naik Kelotok

Tempat Wisata Banjarmasin
jejakrekam.com

Wisata air lain di Banjarmasin yang bisa kamu coba adalah wisata susur sungai naik kelotok. Aktivitas yang satu ini tak boleh dilewatkan oleh wisatawan tatkala berkunjung ke Banjarmasin.

Sensasi seru menyusuri sungai sambil naik perahu motor kecil atau disebut juga dengan kelotok tentunya sangat menyenangkan.

Kamu bisa menyusuri aliran Sungai Martapura dengan menyewa perahu mesin kecil hanya dengan merogoh kantong sebesar Rp5.000,- per orang.

Nantinya, kamu akan diajak berkeliling sekitar 15 menit. Kalau mau lebih lama, tentunya kamu diharuskan untuk membayar biaya tambahan.

5. Wisata Pulau Bakut Banjarmasin

Tempat Wisata Terbaik Banjarmasin
banjarmasin.tribunnews.com

Selain itu, kamu juga bisa coba berwisata ke Pusat Bakut di Banjarmasin. Pusat Bakut sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang ada di bawah Jembatan Barito.

Pulau ini memiliki luas hanya 18 hektar dan termasuk taman wisata alam yang dihuni oleh banyak hewan dan tumbuhan yang adaptif dengan pasang surut air.

Pulau Bakut sendiri terletak di Kecamatan Anjir Muara. Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Untuk bisa datang ke pulau ini, kamu bisa menggunakan perahu motor atau kelotok dari Banjarmasin dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam saja. Kalau mau lebih cepat, kamu bisa sewa speedboat dari Banjarmasin.

Waktu yang harus ditempuh bila naik speedboat jauh lebih singkat. Hanya sekitar 20 menit saja kamu sudah bisa sampai ke pulau ini dan melihat kehidupan pulau yang masih sangat asri dan alami.

6. Pulau Kembang

Tempat Wisata Terbaik Banjarmasin
wisatabanjarmasin.com

Masih seputar berwisata ke pulau, kamu juga bisa berwisata ke Pulau Kembang. Wisata yang satu ini sangat pas dikunjungi bila bersama keluarga atau rekan.

Lokasinya tepat berada di Delta Sungai Barito dan tepat berada di tengah-tengah sungai. Hal yang menarik dari pulau ini adalah ia menjadi sarang kera ekor panjang yang merupakan hewan khas Kalsel.

Selain itu, di pulau ini kamu juga bisa menemukan banyak jenis burung dan hewan lainnya. Sebenarnya, pulau ini termasuk kawasan hutan wisata. Selain jadi tempat berdiamnya kera ekor panjang, warga Banjarmasin juga sering melakukan ritual adat di pulau ini.

Tempat Wisata Alam di Banjarmasin

7. Bukit Langara

Tempat Wisata Banjarmasin
indonesiakaya.com

Tempat wisata di kota Banjarmasin tak melulu soal wisata air. Di sini, kamu juga bisa menemukan banyak wisata alam yang menarik. Salah satunya adalah Bukit Langara.

Tempat wisata ini ada di Desa Lumpangi, Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai. Bukit ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan penuh dengan pepohonan.

Untuk bisa sampai ke puncak bukit, kamu harus mendaki mulai dari pos penjagaan pertama dan melewati jejak setapak bebatuan sekitar 30 menit lamanya.

Sampai di atas, kamu akan disuguhi pemandangan yang luar biasa dari aliran sungai dan tebing-tebing batu di sekitaran Banjarmasin.

8. Bukit Rimpi Pelaihari

Tempat Wisata Banjarmasin
indonesiakaya.com

Cobalah juga untuk berkunjung ke Bukit Rimpi Pelaihari. Tempat wisata yang satu ini sering disebut dengan Bukit Teletubbies-nya Banjarmasin.

Bukit ini memang sangat cantik. Pemandangan di sekitarnya menyejukkan mata karena ditumbuhi dengan padang savana hijau yang sangat elok.

Bukit Rimpi ini sendiri ada di Tampang, Pelaihari, Tanah Laut, Banjarmasin. Jaraknya adalah 65 km dari pusat kota Banjarmasin atau bisa ditempuh dengan berkendara selama 30 menit dari Pelaihari dan 2 jam dari Banjarmasin kota. Siapa saja yang datang ke sini pasti akan terkagum-kagum.

Sebab, pemandangan yang ditawarkan benar-benar sangat indah. Tak jarang, kamu akan melihat gerombolan hewan ternak di sekitaran bukit sedang mencari makan.

Perpaduan bukit yang hijau dan ternak yang tengah memakan rumput tentunya membuat keindahan dan suasana yang menenangkan dari bukit ini makin terasa.

9. Pantai Jodoh Banjarmasin

Tempat Wisata Banjarmasin
diakuin.blogspot.com

Cobalah juga berkunjung ke Pantai Jodoh. Ini adalah salah satu tempat wisata di Banjarmasin yang tak boleh dilewatkan. Tempat ini berada di Jalan Jenderal Sudirman atau berada tak jauh dari Masjid Raya Sabilal Muhtadin.

Spot ini sangat cocok untuk menikmati sore karena anginnya yang sejuk dan pemandangannya yang indah bersama orang terkasih.

Tempat Wisata Banjarmasin Lainnya

10. Menara Pandang Banjarmasin

Tempat Wisata Banjarmasin
wisatabanjarmasin.com

Objek wisata Menara Pandang Banjarmasin tak boleh kamu lewatkan bila ada di kota ini. Menara ini bisa disebut sebagai ikon dari kota Banjarmasin dan telah diresmikan sejak tahun 2014 silam.

Menara ini memiliki tinggi 21 meter dan dari atasnya, kamu bisa melihat pemandangan yang sangat menakjubkan ke berbagai penjuru kota Banjarmasin.

Untuk melihat pemandangan dari menara pandang ini, wisatawan tak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Meski banyak pengunjung datang ke sini pada pagi hari, sebenarnya tempat ini buka mulai pagi jam 10.00 WITA hingga malam di pukul 22.00 WITA. Jadi, kamu bisa datang kapan saja saat sempat.

11. Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura

Tempat Wisata Banjarmasin
czechsby.com

Kalau kamu suka jajan, tak ada salahnya mampir ke pusat kuliner di tepian Sungai Martapura. Tempat wisata yang satu ini berada antara Jalan Pos dan Jalan Sudirman serta Jalan Hasanuddin. Aneka makanan lezat bisa kamu temukan di sini mulai dari yang khas Banjarmasin hingga yang umum.

Setidaknya, ada 52 kios makanan yang bisa kamu temukan di sini di tempat sepanjang 300 meter. Berbagai makanan yang bisa kamu jumpai di tempat ini adalah laksa, nasi kuning, soto banjar hingga lupis.

Bukan hanya makanan dari Banjarmasin saja yang dijual di sini. Makanan khas dari kota lain seperti masakan Palembang dan Padang juga ada.

12. Kampung Sasirangan Khas Banjar

Tempat Wisata Banjarmasin
pesonawisataindonesia.com

Cobalah juga untuk berkunjung ke Kampung Sasirangan. Kampung Sasirangan ini adalah tempat wisata yang menawarkan berbagai oleh-oleh khas Banjarmasin dan terutama adalah batik Sasirangan.

Dulunya, Sasirangan memang dikenal sebagai produksi pakaian adat suku Banjar yang dikenakan dalam upacara tertentu saja.

Namun kini, kamu bisa menemukan kain sasirangan dengan mudah. Setidaknya, ada 30 motif batik sasirangan yang bisa kamu jumpai di sini. Tak hanya bisa membeli kain yang sudah jadi.

Kamu juga bisa ikut menjahit dan mengikat kain dengan cara konvensional di tempat ini.

13. Museum WASAKA

Tempat Wisata Terbaik Banjarmasin
ksmtour.com

Museum Wasaka adalah museum perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Wakasa sendiri merupakan singkatan dari Waja Sampai Kaputing yang merupakan moto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan.

Museum ini berada di rumah Banjar Bubungan Tinggi yang dialih fungsikan menjadi museum.

Ia terletak di Gang H. Andir, Kampung Kenanga Ulu, Kelurahan Sungai Jingah, Banjarmasin Utara. Tempat ini buka setiap hari kecuali hari Senin dan libur nasional dari jam 08.30 WITA dan tutup di jam yang berbeda setiap harinya.

Berbagai peninggalan zaman dulu bisa kamu jumpai di sini semisal pistol era VOC dan masih banyak yang lainnya.


Ada banyak tempat wisata menarik yang bisa kamu jumpai di Banjarmasin, kan? Sayang sekali bila dilewatkan bila berkunjung ke Banjarmasin. Semua tempat wisata tersebut menawarkan pengalaman yang berbeda.

Kamu tak akan pernah menyesal bila datang ke tempat wisata ini. Malah mungkin, kamu akan tertarik untuk kembali suatu hari nanti ke tempat wisata banjarmasin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *