Sewa Mobil Palangkaraya

Sewa Mobil Palangkaraya Murah, Booking Sekarang Juga!

Setelah ramai berita tentang pemindahan ibu kota Indonesia ke Palangkaraya, banyak masyarakat yang bertanya-tanya, apa saja yang menarik dari kota ini? Salah satu yang paling banyak dicari yaitu terkait destinasi wisata di dalamnya. Maklum, sebuah ibu kota negara tentu bukan hanya harus berkembang, namun juga meriah dari sisi wisatanya.

Menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia atau setara 3,6 kali lipat lebih luas dibanding Jakarta, tentu Palangkaraya memiliki banyak destinasi menarik yang bisa Anda kunjungi dengan sewa mobil Palangkaraya. Mulai dari objek wisata alam hingga destinasi buatan yang menawarkan arsitektur apik.

Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik di Palangkaraya

Nah, buat Anda yang tengah berencana liburan ke ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah ini, berikut daftar destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

  1. Danau Tahai

Rekomendasi pertama untuk Anda yang ingin merasakan asrinya Palangkaraya adalah danau Tahai. Berbeda dengan danau pada umumnya yang memiliki warna biru atau kehijauan. Danau gambut ini memiliki air yang tambah kemerahan karena akar pepohonan gambun yang memenuhi permukaan air.

Selain warna airnya yang terlihat unik, di sekitaran danau Anda juga akan menjumpai rumah-rumah terapung yang lebih dikenal dengan sebutan “Rumah Lanting”. Rumah-rumah yang terbuat dari kayu ini saling terhubung satu sama lain melalui jembatan kayu.

Jadi, bias dibayangkan view di danau Tahai tampak seperti resort di atas laut yang saling terhubung oleh dermaga.

Pengunjung pun bebas berfoto di jembatan kayu, atau menyusuri setiap sudut danau untuk merilekskan pikiran.

Lokasi: Tumbang Tahai, Bukit Batu, Kota Palangka Raya

  1. Jembatan Kayahan

Liburan ke Palangkaraya belum lengkap rasanya jika Anda belum mengunjungi jembatan Kayahan, jembatan termegah dan terpanjang di Palangkaraya. Jembatan sepanjang 640 meter ini membentang melintasi Sungai Kahayan.

Sebenarnya, jembatan Kayahan bukanlah suatu objek wisata. Namun karena arsitekturnya yang begitu megah, banyak wisatawan yang mengunjungi jembatan ini untuk sekedar menyaksikan keindahannya.

Puas menikmati kemegahan jembatan yang memegang peran penting pada transportasi darat di Palangkaraya ini, Anda bisa menepi ke Taman Pasuk Kamelus yang berada tak jauh dari lokasi hembatan. Di sini wisatawan juga masih bisa melihat keindahan jembatan secara jelas.

Untuk bisa menyaksikan keindahan yang lebih sempurna, sebaiknya Anda datang ke lokasi ini pada sore hari. Panorama matahari tenggelam akan membuat siluet jembatan yang begitu cantik.

Lokasi: Jalan S. Parman, Langkai, Pahandut, Kota Palangkaraya.

  1. Sungai Kahayan

Bukan hanya bisa mengunjungi jembatan terpanjang di Palangkaraya, Anda juga bisa menyusuri sungai terpanjangnya, yakni sungai Kahayan.

Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi keindahan alam yang masih terjaga dengan baik. Suasana sejuk dengan sapuan angin yang lembut pun bisa Anda rasakan saat menyusuri sungai.

Tak hanya itu, di beberapa titik Anda juga bisa melihat secara langsung kehidupan Suku Dayak yang menghuni tepian sungai Kahayan.

  1. Taman Nasional Tanjung Puting

Ingin merasakan sensasi berpetualang di hutan Amazon? Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena Palangkaraya punya destinasi yang menawarkan nuansa layaknya di hutan Amazon, yakni kawasan Taman Nasional Tanjung Puting.

Untuk menjelajah setiap sisi Taman Nasional ini, Anda bisa mengambil paket tur dengan harga relatif murah. Peserta tur biasanya akan diajak untuk mengunjungi lokasi rehabilitasi orangutan yang berada di Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, Camp Pondok Ambung, dan Camp Leakey.

Selama 3 hari 2 malam, Anda akan tinggal di perahu kelotok, yakni perahu tradisional Kalimantan yang dilengkapi dengan kamar tidur, dapur, kamar mandi, ruang makan hingga viewing deck. Wah berasa di kapal pesiar ya!

Tentu tur Taman Nasional Tanjung Puttng ini akan dipandu oleh seorang guide yang bakal menjelaskan habitat serta kehidupan orangutan di Kalimantan Tengah. View hutan belantara di sepanjang tepian sungai Sekonyer yang menawan juga akan membuat perjalanan tur ini semakin seru.

Lokasi: Teluk Pulai, Kabupaten Kotawringan Barat.

  1. Desa Wisata Pasir Panjang, Palangkaraya Bun

Agar perjalanan wisata Anda di Palangkaraya lebih berkesan, destinasi selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Desa Wisata Pasir Panjang. Di sini Anda bisa mengenal lebih dalam mengenai budaya Dayak dan melihat uniknya rumah adat suku Dayak Pasir Panjang.

Walaupun di beberapa daerah juga masih banyak dijumpai rumah adat Betang, namun di sini Anda bisa melihat beberapa replika rumah adat yang masih dirawat dengan baik dan memang dibangun untuk kebutuhan wisata.

Selain itu, rumah adat ini juga sering digunakan sebagai tempat upacara adat, acara kesenian tradisional hingga pertunjukan tari adat.

Rumah Betang sendiri merupakan rumah panggung dengan ukuran besar, yang mampu menampung hingga 6 keluarga Dayak. Filosofi rumah adat ini ialah, agar hubungan kekerabatan antar keluarga suku Dayak tetap terjaga dengan baik.

Meski begitu, setiap keluarga tetap mempunyai ruang tersendiri, bahkan dapur yang saling terpisah. Berbagai informasi lain terkait budaya Dayak juga akan dibagikan ketika Anda mengunjungi tempat ini.

Lokasi: Jalan Utama Pasir Panjang, Desa Pasir Panjang

  1. Pantai Teluk Bogam

Selain didominasi sungai, Kalimantan Tengah juga punya pantai eksotis, salah satunya yaitu Pantai Teluk Bogam. Begitu memasuki kawasan pantai, Anda akan langsung disambut dengan hamparan pasir pantai yang lembut dan air laut yang tampak kebiruan.

Uniknya lagi, di sini juga terdapat hamparan pasir putih yang berada di tengah laut, atau yang lebih sering disebut Gosong Baras Basah. Untuk bisa mencapai tempat ini, wisatawan harus menaiki perahu kayu.

Beralih ke sisi lain pantai, Anda akan menjumpai padang lamun yang merupakan tempat para dugong mencari makan. Dulunya, dugong merupakan salah satu target buruan para nelayan Teluk Bogam. Namun seiring berjalannya waktu, padang lamuk sudah menjadi area perkembangbiakan dugong.

Wisatawan pun harus beradu dengan keberuntungan untuk bisa menyaksikan hewan langka ini. Jika Anda tertarik untuk melihatnya, maka bisa menanyakan terlebih dahulu pada nelayan setempat, kapan waktu terbaik untuk melihat dugong.

Lokasi: Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.

  1. Jurung Tiga Nature Park

Ingin merasakan serunya mengelilingi hutan dengan mengendarai ATV? Anda bisa datang ke Jurung Tiga Nature Park. Destinasi wisata yang baru dibuka tahun lalu ini sudah menyediakan fasilitas seperti lahan kemah, jalur tracking, rumah pohon dan penyewaan ATV maupun sepeda gunung.

Berbagai kegiatan seru tentunya bisa Anda lakukan di sini ketimbang sekedar berburu foto instagramable. Seperti bermalam di area kemah, menjelajah hutam dengan ATV atau sepeda, hingga belajar mengenal spesies tumbuhan yang ada di kawasan hutan Jurung Tiga Nature Park.

Kawasan ini juga sering menjadi tempat sesi foto prewedding, lho. Terbayang kan bagaimana keindahan alamnya?

Lokasi: Batu Belaman, Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Traveling Keliling Palangkaraya dengan Mobil

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Palangkaraya memiliki banyak lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Walaupun masyarakat setempat masih banyak mengandalkan perjalanan via jalur sungai menggunakan perahu, namun kondisi jalan raya di Palangkaraya sudah sangat bagus dan nyaman untuk berkendara.

Sehingga, traveling dengan sewa mobil Palangkaraya adalah pilihan yang tepat untuk Anda dan keluarga. Selain lebih aman dan nyaman, wisatawan juga tak perlu repot mencari transportasi umum untuk mengunjungi setiap destinasi di atas.

Terlebih lagi, lokasi antar satu destinasi ke destinasi lain cukup jauh. Jadi, akan sangat memakan waktu jika Anda hanya mengandalkan transportasi dalam kota maupun luar kota.

Tak hanya itu, dengan sewa mobil Palangkaraya, wisatawan bisa bisa menghemat budget hingga 40%. Wisatawan juga bebas rental mobil sesuai dengan kebutuhan, baik sewa harian, mingguan, sewa bulanan, atau bahkan sewa tahunan.

Jenis mobil yang tersedia untuk disewa pun cukup lengkap, mulai dari mini MPV, minibus, SUV, dan lain sebagainya. Untuk Anda yang bisa menyetir mobil sendiri, biasanya tersedia pilihan sewa plus supir atau tanpa supir. Tentunya harga sewa tanpa supir lebih murah.

Waktu Terbaik Untuk Liburan ke Palangkaraya

Agar perjalanan Anda di Palangkaraya semakin seru dan menyenangkan, yuk cari tahu waktu terbaik untuk datang ke ibu kota Provinsi Kalteng ini:

  • Jika Anda ingin mengunjungi banyak destinasi wisata berkonsep alam terbuka, waktu terbaik untuk datang ke sini adalah saat musim panas. Dengan begitu perjalanan akan lebih nyaman, tanpa khawatir hujan menguyur sewaktu-waktu.

  • Musim panas di Palangkaraya biasanya dimulai sejak bulan April hingga Oktober. Tetapi, untuk menghindari cuaca yang terlalu panas, Anda bisa datang pada awal April atau akhir Oktober.

  • Sementara untuk Anda yang kurang suka dengan cuaca panas, bisa memilih bulan Januari hingga Maret. Suhu pada bulan ini cenderung lebih rendah, meski kemungkinan hujan turun juga masih ada.

  • Nah untuk Anda yang ingin traveling ala-ala backpacker, maka waktu terbaik untuk datang ke sini yakni antara bulan September hingga Desember. Biasanya, pada bulan-bulan tersebut banyak promo tiket pesawat, jadi Anda bisa menghemat budget cukup besar.

Tips Traveling Menggunakan Mobil di Palangkaraya

Untuk memastikan bahwa perjalanan Anda menyenangkan, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Lalu lintas dan medan di Palangkaraya cukup berisiko bagi Anda yang belum terbiasa dan tidak mengetahui kondisi jalan di kota tersebut. Sehingga opsi pertama yang bisa Anda pilih adalah dengan sewa mobil Palangkaraya yang sudah termasuk supir.

  • Pilih rentalan mobil yang mematok tarif standar sesuai dengan budget Anda. dan pastikan layanannya terpercaya.

  • Pilih mobil dengan kapasitas sesuai jumlah penumpang, lama perjalanan di Palangkaraya serta beberapa kebutuhan lain.

  • Pastikan untuk mengecek kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan keliling Palangkaraya. Termasuk kelengkapan surat-surat.

  • Baca seluruh syarat dan ketentuan sewa mobil Palangkaraya, sehingga hal-hal di luar rencana tidak akan terjadi. Jika ada yang kurang jelas, sebaiknya tanyakan secara detail pada penyedia rental mobil.

  • Kenali dan simpan data penyedia layanan rental mobil dan supir sebagai kontak darurat.

Dengan memperhatikan poin-poin di atas, perjalanan Anda akan terasa lebih nyaman dan aman. Kini Anda tak perlu lagi khawatir mengenai transportasi untuk menjelajah seluruh destinasi wisata di Palangkaraya.

Yuk buat list destinasi yang ingin dikunjungi, dan hubungi ALDI Rental penyedia jasa sewa mobil Palangkaraya sekarang juga.