Aldi Rental Mobil Banjarmasin

Sewa Mobil Samarinda

Sewa Mobil Samarinda Harian Untuk Traveling Keliling Kaltim

Sebelum kemerdekaan Indonesia, Samarinda lebih dikenal dengan nama daerah Kesultanan Kutai Kertanegara ing Martadipura. Namun kini daerah dengan luas 718 km2 ini telah menjadi ibukota Kalimantan Timur dan jadi salah satu tujuan wisata terbaik di Kalimantan.

Selain bentang alamnya yang masih sangat asri, Samarinda juga punya banyak objek wisata sejarah, religi hingga wisata modern yang siap memanjakan para wisatawan. Penasaran dengan semua objek wisata menarik di Samarinda? Anda bisa langsung sewa mobil Samarinda untuk menjelajah setiap sudut daerah di Samarinda.

Rekomendasi Tempat Wisata di Samarinda

Seperti yang telah di singgung di atas, kota yang dulunya menjadi pusat pemerintahan kerjaan Kutai Kartanegara ini menawarkan objek wisata yang begitu lengkap. Baik wisata alam dengan panorama yang begitu memukau, wisata romantis untuk honeymoon, wisata keluarga yang ramah untuk anak-anak hingga wisata religi, semua tersedia lengkap di Samarinda.

Nah, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata Samarinda yang bisa Anda kunjungi bersama pasangan, keluarga atau sahabat.

  1. Desa Budaya Pampang

Destinasi pertama yang wajib Anda kunjungi begitu sampai di Samarinda adalah Desa Budaya Pampang. Tentunya Anda sudah bisa menebak, jika di sini para wisatawan akan dikenalkan dengan budaya lokal Samarinda.

Daerah yang mayoritas penduduknya berasal dari Suku Dayak Kenyah ini memang masih mempertahankan tradisi-tradisi adatnya hingga saat ini.

Tak hanya belajar tentang kebudayaan lokal Suku Dayak Kenyah, di sini pengunjung juga bisa menyaksikan pentas seni yang diadakan di lamin (sebutan untuk balai pertemuan desa) setiap Minggu pukul 13.00 – 15.00. Menariknya, saat pentas seni berlangsung, seluruh warga setempat akan mengenakan pakaian adat.

Bangunan tradisional dengan ukiran-ukiran khas Suku Dayak juga menjadi daya tarik tersendiri, yang mungkin sulit Anda temukan di tempat lain.

Lokasi: Jalan Dahlia No. 69, Sungai Siring, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

HTM: Dewasa Rp. 25.000, anak-anak Rp. 20.000

Jam operasional: Minggu 14.00 – 17.00

  1. Pulau Beras Basah

Siapa bilang pulau di tengah laut hanya bisa dijumpai di wilayah NTT saja. Kalimantan Timur juga punya destinasi menarik yang menawarkan panorama tak kalah mempesona.

Meski ukuran pulau Beras Basah tidak terlalu besar, namun keasrian dan kebersihan di kawasan pulau ini masih sangat terjaga. Pasir putih dan hamparan air laut yang tampak kebiruan akan memanjakan mata Anda.

Untuk mencapai lokasi pulau Beras Basah sendiri Anda harus menempuh perjalanan cukup lama, yakni sekitar 3 jam. Tapi tak perlu khawatir, karena di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi panorama yang begitu cantik.

Lokasi: Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur

HTM: Gratis

Jam operasional: 24 jam

  1. Pulau Kumala

Salah satu bukti betapa besar kuasa Tuhan adalah pulau Kumala. Keindahan alam yang begitu menawan akan membuat Anda bersyukur menjadi warga Indonesia yang memiliki banyak destinasi cantik bak surga dunia.

Uniknya, pulau Kumala ini sebanarnya bukanlah sebuah pulau, namun dataran delta. Yang mana pulau Kumala terbentuk akibat endapan lumpur dari Sungai Mahakam. Bentuk pulaunya pun cukup unik, yakni menyerupai perahu terbalik.

Selain keindahan alamnya yang begitu menawan, pemerintah setempat juga telah mengembangkan kawasan ini dengan membangun taman rekreasasi yang dilengkapi lebih dari 10 wahana permainan.

Jadi, selain bersantai menikmati suasana, Anda juga bisa mencoba berbagai wahana seru, seperti gokar, jet coaster, kereta gantung, kereta api mini yang beroperasi mengelilingi pulau dan lain sebagainya.

Anda juga bisa menaiki Sky Tower untuk melihat megahnya kota Tenggarong dari ketinggian. Terbayang kan bagaimana indahnya?

Lokasi: Jalan K.H Ahmad Muksin, Tenggarong, Timbau, Tenggarong, Kaltim

HTM: Dewasa Rp. 7.000, anak-anak Rp. 5.000

Jam operasional: 13.30 – 23.00

  1. Air Terjun Tanah Merah

Puas menikmati keindahan laut di Samarindah, yuk beralih ke objek wisata alam lain yang tak kalah menawan. Di daerah Samarinda Utara, Anda dapat menjumpai suatu air terjun yang bisa dikatakan unik.

Mengapa? Ya, ketika menyaksikan air terjun dari tebing setinggi 15 meter, akan tampak aliran air yang begitu jernih. Namun ketika sampai ke permukaan dan membentuk kolam, air berubah menjadi coklat kemerahan.

Perubahan warna tersebut terjadi lantaran dasar hilir air terjun merupakan jenis tanah gambut. Karena itulah, objek wisata alam satu ini disebut air terjun Tanah Merah.

Lokasi: Jalan Muara Badak, Samarindah, Tanah Merah, Samarinda Utara

HTM: Rp. 5.000

Jam operasional: 24 jam

  1. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Rekomendasi objek wisata lain yang wajib Anda kunjungi saat berada di Samarinda adalah Taman Rekreasi Lembah Hijau. Objek wisata yang berada di daerah Lempake ini merupakan destinasi yang menggabungkan konsep wisata alam dan wisata atraksi.

Berbagai kegiatan seru bisa Anda lakukan di sini, mulai dari bersantai menikmati sejuknya alamnya Samarinda, berenang di waterpark, hingga mencoba fasilitas outbond.

Lokasi Taman Rekreasi Lembah Hijau juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Samarinda, sehingga cocok untuk Anda yang ingin menepi dari hiruk piruk kota.

Lokasi: Jalan Kebun Raya, Lempake, Kota Samarinda, Kalimantan Timur

HTM: Rp. 5.000/orang: biaya outbond Rp. 180.000/orang

  1. Kebun Raya Unmul Samarinda

Berbeda dengan beberapa destinasi sebelumnya yang mayoritas dikelola pemerintah setempat, Kebun Raya Unmul Samarinda ini merupakan tempat wisata milik Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda.

Lokasi objek wisata yang telah dibuka untuk umum ini juga tidak jauh dari pusat kota Samarinda, atau kurang lebih sekitar 30 menit jika Anda sewa mobil Samarinda.

Di kawasan Kebun Raya Unmul, Anda bisa menjumpai danau besar yang begitu jernih. Di sini juga ada penyewaan sepeda air untuk berkeliling danau.

Untuk Anda yang liburan bersama keluarga dan anak-anak, Kebun Raya Unmul juga memiliki kebun binatang mini dan museum kayu. Di museum ini terdapat berbagai jenis koleksi kayu dari penjuru Kalimantan.

Lokasi: Jalan Kuaro, Gn, Kelua, Samarinda Ulu, Kota Samarindah

HTM: Rp. 5.000

Jam operasional: 09.00 – 17.00

  1. Tjiu’s Palace Samarinda

Destinasi selanjutnya ini juga sangat recommended untuk Anda yang berencana liburan bersama si kecil. Tjiu’s Palace menawarkan berbagai wahana hiburan yang pastinya akan membuat si kecil happy, seperti sepeda air (mesin dan kayuh), kereta api anak-anak dan masih banyak lainnya.

Untuk Anda yang hobi memancing, Tjiu’s Palace juga merupakan destinasi yang tepat untuk Anda kunjungi. Pasalnya, objek wisata ini menghadirkan kolam pemancingan ikan cukup luas, dan dilengkapi dengan area memancing yang nyaman.

Lokasi: Jalan Sultan Sulaiman No. 6, Kecamatan Sambutan, Samarinda, Kalimantan Timur

HTM: Gratis

Jam operasional: 09.00 – 23.00

  1. Samarinda Isalmic Center

Untuk menutup perjalanan wisata Anda di Samarinda, Islamic Center bisa jadi tujuan yang tepat. Masjid terbesar di kota Samarinda ini bukan hanya dijadikan sebagai tempat beribadah umat muslim, namun juga banyak warga yang datang ke sini untuk menyaksikan kemegahan dan keindahan arsitekturnya.

Konon, desain arsitektur Islamic Center Samarindah diilhami dari arsitektur Hagia Sophia, Turki. Tak heran jika nuansa Turki sangat terasa begitu Anda memasuki area masjid.

Selain kubah yang besar dan tampak kokoh, masjid pusat ini juga memiliki menara setinggi 99 meter. Filosofinya diambil dari jumlah asmaul husna. Kemudian ada enam menara berukuran lebih kecil, dan filosofinya berasal dari jumlah rukun iman.

Lokasi: Jalan Slamet Riyadi No. 1, Tlk. Lerong Ulu, Sungai Kunjang, Kota Samarinda

HTM: Gratis

Jam operasional: 24 jam

Traveling di Samarinda Dengan Rental Mobil

Dengan luas sekitar 718 km2, tak heran jika setiap destinasi wisata di Samarinda memiliki jarak yang cukup jauh satu sama lain. Nah, agar lebih nyaman saat berkeliling Samarinda, Anda bisa rental mobil.

Kondisi jalan raya yang sudah cukup bagus dan bentang alam yang mudai dilalui kendaraan roda empat menjadi alasan lain mengapa Anda sangat disarankan untuk sewa mobil Samarinda.

Selain lebih nyaman dan aman untuk traveling bersama rombongan, Anda juga bisa menghemat biaya pengeluaran untuk transportasi. Ya, jika dibandingkan harus menggunakan transportasi umum, tentu tarif sewa mobil jauh lebih murah. Terlebih lagi jika Anda pergi bersama rombongan dengan jumlah cukup banyak.

Anda juga bisa memilih sewa tanpa supir ataupun lengkap dengan supir. Hanya saja, bagi Anda yang baru pertama kali datang ke Samarinda, tentu lebih disarankan untuk sewa mobil Samarinda lengkap dengan supir.

Untuk perhitungan harga sewa sendiri tergantung dari durasi waktu yang Anda pilih, apakah sewa harian, sewa mingguan, sewa bulanan atau sewa tahunan. Umumnya, semakin lama durasi sewa, maka biaya rentalnya pun akan semakin rendah.

Waktu Terbaik Untuk Berkunjung ke Samarinda

Liburan Anda ke Samarinda akan terasa lebih menyenangkan jika memilih timing yang tepat. Berikut ini adalah tips memilih waktu terbaik untuk berkunjung ke Samarinda.

  • Jika destinasi utama Anda adalah alam terbuka seperti pulau Beras Basah, pulau Kumala dan beberapa objek wisata outdoor lain, tentu waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pada saat musim panas, yakni antara bulan April hingga Oktober.

  • Buat wisatawan yang merasa kurang cocok dengan suhu yang terlalu panas, pilihan lainnya yaitu datang pada bulan Januari hingga Maret. Meski frekuensi hujan cukup tinggi di bulan tersebut, namun Anda masih bisa traveling dalam kota seperti ke Islamic Center Samarinda atau Desa Budaya Pampang.

  • Nah, buat wisatawan yang ingin hemat budget traveling, maka waktu terbaik untuk liburan adalah di bulan September dan Desember. Harga tiket pesawat dan hotel pada bulan ini biasanya akan lebih murah.

Tips Traveling di Samarinda Menggunakan Mobil

Sudah memutuskan untuk sewa mobil Samarinda? Jika sudah, ikuti tips-tips berikut agar perjalanan Anda lancar dan tanpa kendala apapun.

  • Sewa mobil dengan supir jika tujuan Anda adalah luar kota Samarinda.

  • Pilih mobil yang sesuai dengan jumlah penumpang, medan yang akan ditempuh dan kebutuhan khusus lainnya.

  • Selalu periksa kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan, termasuk kelengkapan surat-suratnya.

  • Pilih jasa rental mobil terpercaya, pastikan untuk selalu menyimpan data jasa rental dan supir yang mengendarai mobil Anda.

  • Jika memungkinkan, Anda bisa sewa mobil sekaligus tour guide, sehingga perjalanan akan semakin seru dan berkesan.

Dengan sewa mobil Samarinda di ALDI Rental, kini Anda tak perlu khawatir lagi untuk masalah transportasi selama traveling. Bukan hanya nyaman dan aman, Anda juga bisa menghemat budget hingga ratusan ribu rupiah!