13 Makanan Khas Banjarmasin yang Wajib Dicicipi saat Berkunjung

13 Makanan Khas Banjarmasin yang Wajib Dicicipi saat Berkunjung 1

ALDI RENTAL Setiap kota tentunya memiliki makanan khas yang wajib dicicipi para turis tatkala berkunjung. Nah, kalau kamu berkunjung ke Banjarmasin, kamu juga harus mencicipi berbagai makanan khas kota Banjarmasin yang rasanya tentu oke. Apa saja makanan khas Banjarmasin yang wajib kamu cicipi bila berkunjung ke sini? Ini dia!

Makanan Khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang Terkenal

Jika sudah berbicara makanan khas dari Banjarmasin, maka tentu kamu tak boleh melewatkannya. Berikut beberapa masakan yang terlalu wajib untuk nikmati.

1. Soto Banjar

Makanan Khas Banjarmasin
negerikuindonesia.com

Ada banyak makanan khas kota Banjarmasin yang terkenal bahkan hingga ke luar kota. Salah satunya adalah Soto Banjar. Makanan yang satu ini sangat tersohor bahkan hingga ke luar kotanya. Ada banyak warung Soto Banjar yang bisa kamu temui di luar Banjarmasin. Namun, rasanya tak akan sama bila langsung mencicipinya di kota ini.

Makanan berkuah kaya rempah ini memiliki aroma yang wangi dan isian yang banyak. Isiannya terdiri dari soun, suwiran ayam, perkedel, hingga telur setengah matang yang bisa membuat lidah kamu bergoyang ketika mencicipinya. Selain itu, untuk mempercantik tampilan, biasanya soto ini diberi banyak topping.

Topping-nya biasanya terdiri dari taburan daun bawang, bawang goreng dan irisan jeruk nipis. Hal yang membedakan Soto Banjar dengan soto dari tempat lain selain isiannya adalah penggunaan rempah kayu manis. Tak seperti soto dari daerah lain, Soto Banjar tak menggunakan kunyit sebagai pewarna, melainkan hanya kayu manis saja.

2. Sop Mutiara

Makanan Khas Banjarmasin
deskgram.net

Makanan khas kota Banjarmasin lain yang terkenal dan wajib kamu cicipi bila ada di kota ini adalah Sop Mutiara. Makanan yang satu ini juga merupakan makanan berkuah yang tak kalah enak dari Soto Banjar. Sop Mutiara sendiri sebenarnya adalah kuliner peranakan Tionghoa yang berkembang di Banjarmasin dan mengalami banyak perubahan.

Sop Mutiara biasanya biasanya hadir tatkala hadir Raya Imlek di Banjarmasin. Namun, selain saat Imlek, Sop Mutiara ini juga bisa ditemukan di acara lain seperti acara pernikahan, ulang tahun dan lainnya. Namun tenang saja, kini kamu juga bisa menemukan Sop Mutiara tanpa harus menunggu hari besar tersebut.

Kenapa sih namanya disebut Sop Mutiara? Itu dikarenakan di dalamnya terdapat bakso kerikil atau bakso berukuran kecil layaknya mutiara. Bakso yang dipakai dalam sup ini dibuat dari daging ayam yang digiling dan dicampur dengan kentang dan bawang putih halus.

Tekstur baksonya sangat lembut. Meski begitu, tak selembut bakso ikan. Bicara mengenai rasanya, kamu tak perlu khawatir mengecewakan. Rasanya sangat gurih karena dihasilkan dari perpaduan susu, tumbukan bawang merah, bawang putih dan pala.

3. Cacapan Asam

Makanan Khas Banjarmasin
tribunnews.com

Jika orang Jawa terkenal dengan makanan yang berciri khas manis, agak berbeda dengan orang Banjarmasin. Orang Banjar akrab dengan makanan yang bercita rasa pedas, manis, asam sekaligus gurih. Salah satu makanan yang memenuhi kriteria tersebut dan merupakan makanan khas masyarakat Banjar adalah cacapan asam.

Cita rasanya lengkap dari pedas, manis dan asam yang merupakan hasil dari perpaduan antara bumbu berupa garam, bubuk penyedap rasa, cabai rawit, bawang merah, asam hingga cincangan buah yang rasanya asam. Makin lengkap dengan tambahan terasi bakar di dalamnya membuat lidah bergoyang tatkala menyantapnya.

Cacapan asam sendiri biasanya dijadikan makanan pendamping untuk berbagai kuliner Banjarmasin terutama makanan yang diproses dengan cara dibakar, rebus dan goreng. Nantinya, makanan tersebut akan dicocol pada cacapan asam dan disantap bersama dengan nasi dan lauk pauk.

4. Sambal Acan

Makanan Khas Banjarmasin
travellingyuk.com

Selain cacapan asam, makanan khas kota Banjarmasin lain yang sangat terkenal dengan perpaduan citarasa lengkap adalah sambal acan. Sambal acan merupakan makanan tradisional Banjar yang terbuat dari campuran buah-buahan seperti gandaria, mangga asam, limau wangkang, terong asam dan binjai.

Sama seperti halnya cacapan asam, sambal acan ini juga dijadikan sebagai pelengkap makanan utama di masyarakat orang Banjar. Umumnya, ia dijadikan cocolan teman makan nasi dan lauk pauknya. Dulu, sebelum terkenal, makanan ini hanya disajikan di rumah dalam wadah piring.

Namun sekarang, penjualannya cukup pesat dan bahkan hingga dikemas dalam botol sehingga bisa dijadikan oleh-oleh. Ciri khas makanan ini adalah citarasa yang pedas dan menyengat dari cabe rawit sehingga bisa membuat makan lebih lahap.

Macam Wadai Khas Banjar

Wadai adalah bahasa Banjar untuk kue. Berikut adalah kue khas Banjarmasin yang sangat disayangkan jika tidak dicicipi barang sekali. Siapa tau kamu ketagihan.

5. Kue Masubah

Makanan Khas Banjarmasin
banjarmasin.tribunnews.com

Kue basah dalam bahasa Banjar disebut juga dengan wadai. Ada banyak wadai khas Banjarmasin yang bisa kamu temui di kota ini dan sayang sekali bila dilewatkan. Salah satunya adalah kue Masubah atau wadai Masubah. Kue yang satu ini biasanya hanya disajikan saat Ramadhan saja.

Namun tenang saja, kini kamu juga bisa menemukannya dengan mudah di tempat-tempat tertentu di Banjarmasin. Kue ini berbentuk lingkaran dan mirip dengan rebana. Tekstur kue ini sebenarnya mirip sekali dengan kue lapis legit yang umum dijumpai di pasaran. Selain itu, mirip juga dengan kue lam khas Barabai.

6. Kue Amparan Tatak Pisang

Makanan Khas Banjarmasin
sajiansedap.grid.com

Kudapan khas Banjarmasin yang satu ini dibuat dengan bahan dasar tepung beras dan santan. Teksturnya sangat lembut dan rasanya juga manis. Kue yang satu ini merupakan salah satu kue favorit di kalangan masyarakat Banjarmasin. Nama Amparan Tatak Pisang berasal dari kata hamparan atau tatak yang artinya potongan.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa nama tersebut berarti nangka susun. Sebab, pada mulanya kue ini merupakan bagian potongan dari kue nangka susun yang merupakan salah satu kue khas Banjarmasin juga dan bahan pembuatannya pun sama. Seperti halnya kue Masubah, kue ini juga biasanya sangat mudah ditemui saat bulan Ramadhan.

7. Kue Bingka

Makanan Khas Banjarmasin
kabarkuliner.com

Ada juga kue bingka. Kue tradisional Banjarmasin ini memiliki citarasa yang manis, legit dan bertekstur lembut serta berminyak. Bahan dasar kue ini adalah kentang, telur itik atau bebek dan santan kelapa. Bentuknya juga sangat unik, menyerupai kelopak bunga dengan enam buah kelopak yang sedang mekar.

8. Apam Barabai

Makanan Khas Banjarmasin
ksmtour.com

Selanjutnya adalah Apam Barabai. Makanan khas yang satu ini seperti namanya merupakan makanan asli dari kota Barabai, Kalimantan Selatan. Namun, kue ini juga sangat terkenal di Banjarmasin dan biasanya digunakan sebagai makanan ringan untuk mengganjal perut tatkala lapar.

Kue apam barabai ini terbuat dari tepung beras, santan, gula merah atau putih serta tape singkong. Tampilannya bulat dan tipis dengan rasa yang legit dan lembut. Ada dua jenis Apam Barabai yang bisa kamu temukan. Ada yang berwarna cokelat dan berwarna putih. Namun, manapun pilihanmu, semuanya sama-sama enak.

Makanan Khas Banjarmasin untuk Oleh-Oleh

Berikut adalah makanan khas dari Banjarmasin yang bisa kamu bawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh. Jangan lupa bawa tas untuk khilaf belanja, ya!

9. Rabuk Ikan Haruan

Makanan Khas Banjarmasin
inkuiri.com

Kalau kamu ke Banjarmasin dan ingin membawakan oleh-oleh berupa makanan khasnya pada saudara, salah satu yang bisa kamu pilih adalah Rabuk Ikan Haruan. Makanan ini sebenarnya akrab disebut dengan abon ikan haruan. Ikan haruan sendiri adalah salah satu ikan yang sangat banyak di Banjarmasin.

Di luar Banjarmasin, ikan ini disebut dengan ikan gabus. Melimpahnya ikan ini membuatnya dimanfaatkan sebagai olahan pangan khas. Apalagi, rasa daging ikan ini lembut dan gurih serta kaya protein. Oleh-oleh ikan ini biasanya dijual dengan harga sekitar Rp25.000,- hingga Rp125.000,- per toples.

10. Amplang

Makanan Khas Banjarmasin
pegipegi.com

Kuliner khas Banjarmasin lain yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah amplang. Makanan yang satu ini lebih dikenal dengan nama kuku macan di kalangan masyarakat Banjarmasin. Makanan ini sebenarnya adalah olahan ikan yang diuleni seperti adonan pempek lalu digoreng.

Ikan yang biasa digunakan untuk bahan amplang sendiri adalah ikan pipih dan ikan tenggiri. Bagi kamu yang berminat untuk membeli oleh-oleh khas Banjarmasin yang satu ini, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di toko oleh-oleh dengan harga sekitar Rp25.000,- per 250 gram.

Kenapa harganya cukup mahal? Salah satu penyebabnya adalah pembuatan amplang ini membutuhkan waktu yang cukup lama dna butuh kesabaran ekstra. Tidak semua orang sanggup untuk membuatnya, lo!

11. Kue Rangai

Makanan Khas Banjarmasin
pesonanusantara.co.id

Pernah mendengar nama kue rangai? Nah, kue yang satu ini juga merupakan kuliner khas Banjarmasin yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Makanan yang satu ini terbuat dari sagu dengan rasa yang manis dan gurih. Dulunya, kue ini hanya disajikan di acara adat dan acara formal saja.

Namun kini, kamu bisa dengan mudah menemukannya di banyak tempat di Banjarmasin. Biasanya, kue ini dijadikan santapan dan teman saat ngeteh atau ngopi. Ada banyak tempat yang menjual kue rangai di Banjarmasin. Salah satu yang paling terkenal adalah Toko Sarahai.

Harga satu bungkus kue rangai adalah sekitar 23 hingga 27 ribu rupiah saja. Harga yang sangat terjangkau untuk sebuah oleh-oleh yang sedap, kan? Padahal, bila kamu mau membuatnya sendiri, caranya terbilang sulit, lo!

12. Ikan Saluang

Makanan Khas Banjarmasin
tribunnews.com

Kuliner khas Banjarmasin lain yang seringnya dijadikan oleh-oleh oleh turis yang berkunjung adalah ikan saluang goreng. Ikan saluang adalah salah satu ikan yang banyak ditemukan di Banjarmasin yang rasanya sangat gurih. Ikan saluang ini bisa dijadikan camilan namun juga bisa dijadikan lauk makan yang enak.

Ikan saluang ini diolah dengan cara digoreng yang sebelumnya dibalut dengan tepung dan bumbu tertentu. Campurannya membuat rasa ikan saluang ini sangat gurih dan cocok untuk teman makan. Jangan takut ikan ini melempem tatkala dibawa pulang. Sebab, ikan ini sudah dikemas sedemikian rupa agar tak mudah melempem meski disimpan berhari-hari.

Harga satu bungkus ikan saluang cukup terjangkau. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp25.000,- saja. Salah satu toko yang menjual oleh-oleh ikan saluang ini adalah Toko Cahaya Bumi Selamat Martapura.

13. Dodol Kandangan

Makanan Khas Banjarmasin
indonesiakaya.com

Tak hanya Garut saja yang terkenal dengan dodolnya. Banjarmasin juga punya dodol khas yang rasanya oke. Dodol Kandangan namanya. Dodol ini dibuat menggunakan beras ketan dan gula aren namun memiliki citarasa yang berbeda. Dodol Kandangan Durian adalah salah satu varian paling laris dari Dodol Kandangan yang ada di Banjarmasin ini.


Nah, itulah berbagai makanan khas kota Banjarmasin yang wajib kamu cicipi bila ada di kota ini. Bukan hanya makanan basah, namun juga makanan kering yang bisa dijadikan oleh-oleh. Jadi, keluarga yang ada di rumah juga bisa ikut mencicipi makanan khas kota Banjarmasin meskipun tak ikut kamu ke kota ini. Kamu hanya cukup membawakannya saja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *